Wisata Dipulau Maluku

Daerah ini sangat romantis dan eksotis. Bali?emm,saya yakin akan banyak yang bilang “Bali?yah lewatlah” setelah mengunjunginya. Hanya saja memang lokasinya terpencil,dan mungkin juga karena berada di wilayah Maluku jadi kebawa image Ambon yang sempat rusuh.

Banda sebenarnya merupakan kepulauan terdiri dari beberapa pulau. Yang berpenghuni antara lain pulau Naira, pulau Banda Besar,pulau Hatta, pulau Ai,pulau Run dan beberapa pddk ada juga di pulau Gng Api. Banda besar merupakan pulau terbesar yang berbentuk seperti bulan sabit. Namun konturnya didominasi oleh punggungan bukit. Sementara pusat keramaian ada di pulau Neira. Untuk itulah kawasan ini sering disebutnya Banda Neira.

Kawasan kepulauan banda masuk dalam kabupaten Maluku tengah. karena posisinya yang jauh dari gugus pulau buru dan seram, kawasan ini berstatus kecamatan sekalipun hanya terdiri dari sekitar 12 nagari (desa). Dahulu daerah inilah yang mengundang penjajah datang ke nusantara karena produksi palanya yang bisa mengawetkan makanan. Di Neira juga terdapat istana layaknya istana presiden seperti di Bogor dan Jakarta,dalam ukuran yang lebih kecil.Juga terdapat benteng-benteng pertahanan. Begitu berharganya kawasan ini waktu itu sehingga pihak Belanda menukar pulau Run yang sudah dikuasai inggris dengan New Amsterdam yang sekarang menjadi New York. Bayangkan! tapi sekarang Belanda justru keliatan bego ya,maunya nukar pulau Run dengan new york. sama kayak kasus daerah bengkulu yang dikuasai Belanda dituker dengan Singapura yg saat itu dikuasai Belanda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: