Wisata alam kalimantan

Taman Nasional Tanjung Puting memiliki berbagai jenis ekosistem, tropis dataran rendah, kesehatan, rawa, gambut dan hutan rawa bakau. Taman Nasional Tanjung Puting awalnya suaka margasatwa dengan luas total 305.000 hektar.
Taman Nasional Tanjung Puting adalah tempat pertama di Indonesia sebagai pusat rehabilitasi orangutan. Ada sekitar tiga lokasi untuk rehabilitasi orangutan di Camp Leakey, Tanjung Harapan dan Pondok Tanggui. Orangutan Kalimantan memiliki bulu berwarna gelap kemerahan dengan ekor. Sejalan dengan pertumbuhan usia, jantan dewasa mengembangkan pipinya untuk membentuk sebuah bantal. Yang lebih tua, bantalan pipi lebih besar sehingga wajahnya tampak suram.

Daerah ini didominasi oleh tanaman hutan dataran rendah seperti “Jelutung” (Dyera costulata), “Ramin” (Gonystylus bancanus), “Meranti” (Shorea sp.), “Keruing” (Dipterocarpus sp.) Dan rotan. Endemik dan langka spesies yang ditemukan di hutan lindung Taman Nasional Tanjung Puting, antara lain, “Orangutan” (Pongo Satyrus), “bekantan” (Nasalis larvatus), “Merah Monyet” (Presbytis rubicunda rubida), “Beruang” (Helarctos malayanus euryspilus ), “Rusa” (Tragulus javanicus klossi) dan “Leopard” (Neofelis nebulosa) ini tercatat lebih dari 200 jenis burung yang hidup di daerah Tanjung Puting National Park. Salah satu jenis burung di kawasan ini, yaitu “Sindang lawe” (Ciconia stormii) termasuk 20 jenis burung terlangka di dunia.

Taman Nasional Tanjung Puting juga merupakan salah satu tempat untuk semua jenis koloni “alba besar” spesies burung seperti Egreta alba, Arhinga melanogaster, dan Ardea purpurea.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: