Kekayaan alam papua

Ketika para ilmuwan meneliti perairan Kepulauan Raja Ampat, menemukan bahwa kepulauan itu tidak hanya kaya, tetepi untuk ukurannya menjadi yang terbesar dalam hal keanekaragaman hayati di dunia. Mereka mengidentifikasi lebih dari 450 spesies terumbu karang yang membentuk gugusan karang, sembilan spesies baru ditemukan. Sementara di Karibia hanya memiliki kurang dari 70 spesies. Dengan begitu banyaknya gugusan terumbu karang dunia yang hancur, upaya-upaya untuk melindungi kekayaaan ini menjadi prioritas utama.

Survei lanjutan yang dilakukan menambah penghitungan spesies ikan, terumbu karang dan kehidupan laut lainnya, yang semakin menegaskan kawasan biologis ini adalah yang terkaya dan mengundang daya tarik. Habitatlah yang menjadikan perairan Kepulauan Raja Ampat menjadi sebuah periuk besar kehidupan. Gugusan-gugusan karang yang luas di sepanjang garis pantai, deburan ombak, teluk dalam yang tenang mengalirkan arus makanan, daratan pasir, mangrove, rumput laut semuanya dalam area yang terisolasi.

Menurut ahli, terbentuknya gugusan-gugusan karang disini berawal dari masa hidup geologis sewaktu serangkaian zaman es merendahkan permukaan laut, meninggalkan laut-laut kecil dan terisolasi tempat spesies-spesies dapat berevolusi dan beranekaragam. sekarang kawasan ini merupakan persimpangan bagi spesies-spesies Lautan Pasifik dan Hindia, yang jumlahnya masih dihitung.

Raja Ampat adalah mahkota permata bentangan laut yang artinya empat raja. Berabad-abad silam empat raja diberi kekuasaan untuk memerintah disini oleh sultan dari Maluku. Sekarang empat pulau terbesar Raja Ampat melambangkan raja-raja itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: